BUDAYA INDUSTRI 5S DENGAN PROGRAM PINTAR BERSAMA DAIHATSU

SMK Boedi Oetomo Cilacap

Program Pintar Bersama Daihatsu (PDB) dilaksanakan di SMK Boedi Oetomo pada 25-26 November 2021. Program pelatihan ini ditujukan untuk guru dan siswa melalui tatap muka dengan materi-materi budaya industri yang diikuti dengan praktik. Semua warga sekolah pun mendukung dan ikut serta dalam program ini.

Budaya industri yang dimaksud adalah peneraoan program 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) atau dalam istilah 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin). Program Pintar Bersama Daihatsu tidak hanya difokuskan untuk jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) saja, tetapi budaya yang akan diterapkan oleh seluruh ruang sekolah dan melibatkan seluruh warga sekolah. Pelatihan ini diisi oleh pelatih dari Daihatsu, yaitu Bapak Muhamad Latief Kamal dan Bapak Sapto Indarto.

Pada hari pertama pelatihan, peserta terlebih dahulu mendapatkan materi-materi penerapan 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke). Kemudian, peserta diajak untuk menemukan hal-hal yang dibenahi agar sesuai budaya 5S. Pada hari kedua, peserta diarahkan untuk olahraga bersama dan bermain games bersama pelatih. Setelah itu, peserta bersama-sama membenahi temuan untuk disesuaikan dengan budaya 5S. Melalui Progam Pintar Bersama Daihatsu diharapkan ada perubahan sikap peserta terhadap lingkungan sekolah dan berhasil membudayakan 5S dalam kegiatan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.