Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMK Boedi Oetomo Cilacap

SMK Boedi Oetomo Cilacap

Pemilihan ketua dan wakil ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS SMK Boedi Oetomo Cilacap digelar pada Sabtu, 22 Januari 2022. Pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini untuk periode jabatan 2022/2023. Pemilihan tersebut dilakukan dalam rangka memberikan edukasi demokrasi untuk semua warga sekolah. Dari hasil pemungutan suara, Satria Ngambar Kusuma dari kelas XI TP 3  dan Arif Fathur Rahman dari kelas X TP 3 berhasil menjadi pasangan terpilih ketua dan wakil ketua OSIS SMK Boedi Oetomo Cilacap periode 2022/2023.

Ada dua pasangan calon (paslon) yang ada dalam pemilihan ketua OSIS, yaitu Satria, Arif paslon nomor 1, dan Ibnu, Aluna paslon nomor 2. Pasangan calon tersebut dipilih berdasarkan beberapa tahapan, salah satunya yaitu pemilihan calon ketua dan wakil ketua OSIS yang diambil dari peserta didik kelas X dan XI yang memiliki jiwa kepemimpinan dan kecakapan yang baik.

Selain tahapan pemilihan calon, ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilalui untuk pada akhirnya dilakukan pemungutan suara. Rangkaian tersebut diantaranya, debat paslon, sosialisasi visi dan misi paslon, dan yang terakhir pemilihan yang diikuti oleh seluruh siswa SMK Boedi Oetomo Cilacap. Debat paslon dilaksanakan pada Kamis, 20 Januari 2022. Acara debat diikuti oleh seluruh anggota organisasi yang ada di SMK Boedi Oetomo Cilacap. Pada debat tersebut, paslon 1 dan 2 mendapatkan beberapa pertanyaan seputar wawasan dan keorganisasian. Selain moderator yang menghidupkan suasana debat, para penonton pun ikut andil di dalamnya. Beberapa peserta turut memberi pertanyaan kepada paslon.

Setelah debat, pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS mensosialisasikan visi misi mereka ke seluruh siswa di SMK Boedi Oetomo Cilacap. Sosialisasi tersebut dilakukan secara langsung maupun melalui media sosial.  Kemudian pada hari Sabtu 29 Januari 2022, dilakukan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS secara daring melalui e-form yang diikuti oleh seluruh warga SMK Boedi Oetomo Cilacap. Pembina OSIS, Ibu Intan Mutiara Mir’atannisa, M.Pd. turut mendampingi proses pemilihan dari awal hingga akhir dan memastikan proses demokrasi di sekolah melalui pemilu dilakukan secara langsung, bersih, rahasia, jujur, dan adil (Luber Jurdil).

Pada akhirnya, kegiatan pemilihan ketua OSIS diharapkan dapat membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik. Siswa belajar praktik demokrasi yang jujur dan adil. Selain itu untuk anggota OSIS sendiri, pemilihan ini diharapkan mampu membawa semangat dan perubahan untuk lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.